DISTRIBUTOR RESMI PRODUK NASA JOGJA

Cara Aplikasi Dosis dan Harga Pupuk Nasa untuk Kelapa Sawit

Harga dan Cara Aplikasi Dosis Pupuk Nasa untuk Kelapa Sawit

pupuk sawit nasa teknologi pikat

Harga dan Cara Aplikasi Dosis Pupuk Nasa untuk Kelapa Sawit - Kelapa sawit merupakan tanaman yang memiliki peran cukup penting di bidang industri. Hasil dari kelapa sawit ini bisa dijadikan sebagai minyak industri, minyak goreng hingga bahan bakar untuk bio diesel. Perkebunan kelapa sawit bisa menghasilkan keuntungan yang cukup besar maka tidak heran bila Anda sering melihat hutan maupun perkebunan lama diubah menjadi perkebunan kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Jawa, Sumatera hingga ke Sulawesi.

Bisa dikatakan bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara yang menghasilkan minyak kelapa terbesar di dunia. Dalam melakukan budidaya kelapa sawit juga diperlukan pupuk NASA untuk kelapa sawit. Tujuan dari menggunakan pupuk NASA adalah untuk meningkatkan produksi budidaya kelapa sawit dengan memperhatikan aspek 3K yaitu Kualitas, Kuantitas dan Kelestarian Lingkungan.

Cara Menggunakan Pupuk NASA untuk Kelapa Sawit

Tujuan utama dalam melakukan pemupukan kelapa sawit diantaranya adalah mencukupi kebutuhan tanaman untuk bisa tumbuh, berkembang dan berproduksi dengan baik, mempertahankan kondisi lahan yang baik untuk budidaya kelapa sawit atau bisa juga untuk memperbaik kondisi yang kurang baik pada lahan dan yang terakhir adalah untuk menggantikan unsur hara yang hilang karena pencucian. Lalu bagaimana cara menggunakan pupuk NASA untuk kelapa sawit yang baik dan benar? Mari kita simak panduannya dibawah ini.

pupuk sawit teknologi nasa

1. Membersihkan Piringan Tanaman Kelapa Sawit

Sebelum menggunakan pupuk NASA untuk kelapa sawit, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan piringan tanaman kelapa sawit dari alang-alang dan rumput. Pembersihan piringan ini tentu akan bermanfaat bagi tandan dan pohon kelapa sawit. Sehingga pada saat melakukan pemupukan pada tanaman kelapa sawit bisa berjalan dengan mulus dan pupuknya tersebut bisa meresap dengan baik ke dalam pohon kelapa sawit.

2. Proses Penaburan Pupuk

Ketika Anda hendak menaburkan pupuk ke tanaman kelapa sawit, perhatikan terlebih dahulu lahannya. Jika kelapa sawit ditanam pada lahan yang datar maka Anda bisa menaburkan pupuk NASA untuk kelapa sawit secara merata dengan jarak sekitar 0,5 m dari pohonnya. Lakukan cara yang sama ini untuk semua pohon kelapa sawit yang ditanam di lahan yang datar. Pada saat hendak menyebarkan pupuk tersebut pastikan masih berada dalam tempat dari pupuk yang telah ditaburkan tadi.

Jadi, Anda tidak boleh sembarangan untuk menyebarkan pupuk yang bukan berada ditempat yang semestinya karena hal tersebut dapat berpengaruh terhadap proses pemupukan kelapa sawit nantinya. Jika Anda menggunakan pupuk dengan jenis yang berbeda maka tidak boleh dicampur. Jadi, sebaiknya pisahkan juga penaburannya dan berikan jarak sekitar 12 hari antara satu pupuk dengan jenis pupuk lainnya. Pada saat penyebaran pupuk dianjurkan untuk disebarkan pada pohon kelapa sawit yang memiliki akar rambut yang banyak.

3. Perhatikan Pupuknya

Ketika hendak melakukan pemupukan pada tanaman kelapa sawit, Anda harus perhatikan pupuknya. Jika pupuk NASA untuk kelapa sawit sudah menjadi remah maka proses penyebaran baru boleh dilakukan. Namun, jika pupuk tersebut masih berbentuk gumpalan-gumpalan maka sebelum disebarkan harus dihancurkan terlebih dahulu menjadi remah.

4. Tentukan Tempat untuk Menebarkan Pupuk

Sebelum menaburkan pupuk NASA untuk kelapa sawit, Anda harus menentukan tempat untuk menebarkan pupuk. Ada berbagai pilihan tempat untuk melakukan pemupukan pada tanaman kelapa sawit diantaranya adalah ujung pelepah, ujung bokoran atau bokoran.

5. Cara Pemupukan

Ada beragam cara untuk melakukan pemupukan tanaman kelapa sawit diantaranya adalah top dressing yang dilakukan dengan cara ditaburkan langsung diatas tanah, stem injection yang dilakukan dengan cara dimasukkan kedalam batang, soil injection yang dilakukan dengan cara dimasukkan kedalam tanah dalam bentuk cairan, sub soil placement yang dilakukan dengan cara dibenam atau nutritional spray yang dilakukan dengan cara dipupuk menggunakan media daun.

pupuk sawit nasa

Manfaat Teknologi Pupuk Nasa pada Kelapa Sawit

  • Mempercepat pertumbuhan kelapa sawit
  • Meningkatkan hasil panen kelapa sawit– bobot / berat panen lebih tinggi– waktu panen lebih awal, masa panen puncak lebih lama– usia produksi lebih lama
  • Meningkatkan kualitas hasil panen
  • Meningkatkan daya tahan tanaman terhadap penyakit
  • Memperbaiki tanah yang rusak / mengembalikan kesuburan tanah
  • Mengurangi penggunaan pupuk kimia
  • Menguntungkan secara ekonomi.

Biaya produksi dengan Teknologi NASA dibandingkan sebelumnya

A. Lebih Rendah⇒ Hasil Panen Sama dengan Sebelumnya (Alternatif A:Biaya pupuk NPK 750.000 + Produk NASA750.000⇒ Hasil Panen = sebelumnya)

B. Sama⇒ Hasil Panen Lebih Tinggi dengan Sebelumnya (Alternatif B:Biaya pupuk NPK 1 juta + Produk NASA 1 Juta⇒ Hasil panen naik 30-50%)

C. Lebih Tinggi⇒ Hasil Panen Naik Optimal (Alternatif C:Biaya pupuk NPK 1,5 juta + Produk NASA 1 juta⇒ Hasil panen naik 70-200 %)

Cara Penggunaan Produk NASA Cair dan Padat pada Kelapa Sawit

1. Pembibitan

Penyemprotan bibit: 3 tutup botol POC NASA + 1 tutup Hormonik /tangki / 2 minggu, atau

Penyiraman: 3 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik /10 liter air, kemudian disiramkan 1 gelas Aqua untuk setiap polibag 2 minggu sekali

2. Tanaman Belum Menghasilkan (TBM)

Umur 0-1 tahun
0,5 kg SUPERNASA untuk 25 batang tanaman setiap 6 bulan sekali
Semprot 3-5 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik /tangki / 1-2 bulan sekali

Umur 1-2 tahun
1 kg SUPERNASA untuk 25 batang tanaman setiap 6 bulan sekali
Semprot 3-5 tutup POC NASA + 1 tutup Hormonik /tangki / 1-2 bulan sekali

Umur 2-3 tahun
3-6 kg SUPERNASA untuk 1 hektar / 6 bulan

3. Tanaman Menghasilkan (TM)

Pilihan Utama = 3-6 kg POWER NUTRITION / hektar / 6 bulan sekali
Pilihan Standar = 1,5-3 kg POWER NUTRITION + 1,5-3 kg SUPERNASA / hektar / 6 bulan

Keterangan

Penggunaan POWER NUTRITION dan SUPERNASA dapat dilakukan dengan dicampur bersama pupuk NPK atau tanah, pasir, abu untuk memudahkan aplikasi ke lahan. Dapat juga dengan cara diencerkan terlebih dahulu untuk disiramkan, dengan cara larutkan 200 – 400 gram (20 – 40 sendok makan) dalam 10 – 20 liter air, kemudian siramkan 1-2 liter larutan pupuk per 1 pohon.

Dosis pupuk makro / NPK / Kimia dapat dikurangi 25-50% dari dosis kebiasaan setempat (Jika tidak dikurangi akan lebih baik).

Apabila Tanaman KELAPA SAWIT Terserang Jamur Akar Putih ( JAP ) atau Ganoderma, saat Pencampuran SUPERNASA dan POWER NUTRITION dapat pula di campurkan GLIO 12 Kotak Per Hektar.
pupuk sawit teknologi pikat nasa

Catatan:

  • Sebelum pemupukan sebaiknya dilakukan penebaran kapur dolomit sebanyak 2 kg per pokok tanaman kelapa sawit. Selanjutnya sekitar 3 – 5 hari setelah penebaran dolomit baru lakukan pemupukan seperti tata cara urutan di atas.
  • Pemupukan tanaman kelapa sawit dilakukan secara rutin dengan interval setiap 6 bulan sekali (4 bulan sekali untuk hasil lebih optimal).
  • Upayakan untuk melakukan penyiraman di sekitar piringan tanaman kelapa sawit setelah pemupukan setidaknya 10 liter per pokok. Penyiraman tidak perlu dilakukan apabila kondisi curah hujan cukup.
  • Hasil panen sangat bervariasi dan berbeda satu sama lain dikarenakan banyak faktor, seperti kondisi lahan, bibit, iklim, serangan hama dan lain sebagainya.

Itulah penjelasan singkat tentang panduan teknik budidaya dengan teknologi PUPUK NASA pada Kelapa Sawit dari PT Natural Nusantara dengan harapan bisa meningkatkan produksi kelapa sawit.

Kini setelah menyimak secara lengkap artikel tentang Pupuk Nasa untuk Kelapa Sawit ini tentunya anda ingin mendapatkan produknya. Dapatkan segera produk Pupuk ini hanya di Distributor Resmi PT Natural Nusantara Yogyakarta.

Rita Christiana / Ahmad Arrofiqi
Nomor ID distributor : N-399757
SMS/whatsapp 
082226168010

DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA (NASA) YOGYAKARTA N-399757

Artikel Terkait:

0 Response to "Cara Aplikasi Dosis dan Harga Pupuk Nasa untuk Kelapa Sawit"

Posting Komentar