DISTRIBUTOR RESMI PRODUK NASA JOGJA

Harga Viterna Plus dan Cara serta Waktu Pemberian Pakan Fermentasi Pada Kambing / Domba yang Tepat

Harga Viterna Plus dan Cara serta Waktu Pemberian Pakan Fermentasi Pada Kambing / Domba yang Tepat 

viterna plus untuk kambing

Harga Viterna Plus dan Cara serta Waktu Pemberian Pakan Fermentasi Pada Kambing / Domba yang Tepat - Peternakan kambing dan domba Potong di Indonesia masih berskala kecil sehingga perlu diusahakan secara komersial dan intensif. Hal ini diperlukan karena adanya pertambahan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya sekitar 1,24% dan semakin meningkatnya daya beli masyarakat. Kebutuhan daging selama ini belum mencukupi permintaan, ± 400.000 ton/tahun, sehingga masih mengandalkan impor daging. PT. NATURAL NUSANTARA dengan prinsip K-3 (Kuantitas, Kualitas dan Kesehatan) berupaya menbantu budidaya kambing dan domba potong dengan sasaran peningkatan kualitas dan kuantitas daging.

Penggemukan

Penggemukan kambing / Domba adalah pemeliharaan kambing/domba dewasa dalam keadaan kurus untuk ditingkatkan barata badannya melalui pembesaran daging dalam waktu relatif singkat (3-5 bulan)

Pakan

Pakan utama yang umum diberikan berupa hijauan segar, seperti rumput, legum(daun lamtoro dan turi, dll) atau aneka hijauan (daun singkong (protein cukup tinggi), daun nangka dan daun pepaya). Khusus legume dan aneka hijauan sebelum diberi pada ternak sebaiknya dilayukan terlebih dahulu 2-3 jam dibawah terik matahari untuk menghilangkan racun yang ada dalam hijauan tersebut.

Selain pakan hijauan, dapat juga ditambah dengan pakan padat /konsentrat. Jenis yang dapat digunakan adalah bekatul, ampas tahu, ketela pohon (dicacah dahulu). Jenis pakan tersebut mudah dan murah dibeli dengan sumbangan yang cukup lumayan untuk kebutuhan nutrisinya. Kebutuhan setiap ekor kira-kira 3 kg per hari dengan komposisi 40% berkatul 40% ampas tahu dan 20% ketela pohon.Teknik pemberian konsentrat disarankan jangan bersamaan dengan hijauan, karena pakan ini mempunyai daya cerna dan kandungan nutrisi yang berbeda dengan hijauan. Jumlah pemberian konsentrat sekitar 1 kg / ekor/hari.

Catatan:
Pemberian konsentrat disarankan diberikan saat kambing atau domba sudah banyak mengkonsumsi hijauan, tetapi belum terlihat kenyang.

Selain pemberian rumput dan konsentrat, masih dibutuhkan pakan pelengkap yang mengandung gizi ternak lengkap yang belum terdapat pada hijauan dan konsentrat untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan produksi ternak. Sehingga tujuan atau target dari budidaya ternak yaitu memiliki ternak dengan pertumbuhan optimal dan sehat dapat tercapai. Sebagai pakan pelengkap maka PT. NATURAL NUSANTARA mengeluarkan suplemen khusus ternak yaitu Viterna Plus. Produk ini menggunakan teknologi asam amino yang diciptakan dengan pendekatan fisiologis tubuh Kambing/Domba, yaitu dengan meneliti berbagai nutrisi yang dibutuhkan ternak.

Untuk lebih menghemat pakan, anda bisa membuat pakan fermentasi dengan produk nasa Viterna Plus dan Tangguh Probiotik.

Cara Membuat Pakan Fermentasi Dengan Media Jerami Padi

Bahan dan Ukuran

  • 1000 kg jerami padi di pilih yang sudah kering,kemudian di cacah panjang 5 cm.Tujuan pencacahan jerami ini untuk memudahkan terjadinya proses fermentasi dan ketika nanti pakan fermentasi sudah siap di berikan ke kambing,ternak Kambing akan mudah memakan dan mengunyahnya.
  • 20-25 Lt,tetes atau molase bila tidak ada bisa di ganti gula yang di larutkan.
  • Viterna dan Tangguh Probiotik masing-masing 1 botol.
  • Air 250-300 lt air untuk jerami kering atau 15 lt untuk jerami basah [untuk melarutkan serta mecampur tangguh probiotik dan tetes tebu]

Cara Membuat

  • Sediakan tempat Fermentasi,pastikan kondisinya bagus.
  • Jerami kering atau bahan-bahan kering yang telah ada kemudian di potong-potong dengan ukuran kurang lebih 5 cm.
  • Larutkan tetes serta Viterna dan Tangguh dengan air menjadi satu sesuai dengan perbandingan bahan-bahan di atas.
  • Siapkan terpal plastik untuk alas mencampur antara jerami dengan campuran tetes,Viterna,tangguh dan air.
  • Jerami Padi yang sudah di potong,di taruh di atas terpal sedikit demi sesikit sambil.di siram larutan air tetes Viterna dan tangguh sesuai perbandingan di atas sampai merata dan jerami kelihatan basah.
  • Setelah jerami benar-benar di siram rata dengan larutan tersebut, jerami di masukkan ke dalam wadah sesikit demi sedikit sambil di mampatkan/di injak-injak supaya padat.
  • Setelah mampat(padat) wadah di tutup hingga rapat betul,usahakan agar udara benar-benar kosong.
  • Setelah 7 hari jerami tersebut baru dapat mulai di berikan pada ternak kambing sesuai dengan kebutuhan dan selama bahan tersebut belum habis setelah mengambil bahan dari wadah supaya di tutup kembali dengan rapat.
  • Penempatan wadah usahakan terhindar dari genangan air,terik matahari dan air hujan tidak boleh masuk ke dalam wadah.

Cara Memberikan

  • Pemberian di berikan 2X sehari,Pagi dan sore dengan Ukuran:bobot kambing X 3% pakan kering (jerami yang telah di Fermentasi).
  • Ditambah pakan tambahan berupa katul yang baik ( kualitas 1) sebanyak 0,5 kg/ekor.

Keterangan
  • Apabila waktu pertama kali ternak di beri pakan fermentasi tersebut tidak langsung mau supaya di latih sedikit demi sedikit sampai mau makan dengan lahap.
  • Agar ternak Kambing cepat gemuk perlu diberi makan lain yang kadar proteinnya tinggi seperti katul konsentrat.
  • Usahakan memberikan pakan hijauan tinggi gizi seperti: daun kaliandra,kleresede,kolonjono.
  • Air minum usahakan tetap Tersedia ( jangan sampai telat),ada baiknya airnya di berikan garam.
  • Media fermentasi bisa menggunakan beberapa bahan pakan seperti gedebok pisang,rumput ilalang,daun tebu dll.

Hal penting dalam pengendalian penyakit adalah meningkatkan kesehatan ternak dan kebersihan kandang dan lingkungan sekitarnya serta monitoring/pengamatan yang kontinyu pada ternak sehingga apabila terdapat gejala penyakit, segera dapat diketahui jenis penyakit tersebut dan cara pencegahan dan pengobatannya.

viterna plus cair untuk kambing

Harga
Rp. 50.000,-

Isi
500 ml

Setelah membaca artikel mengenai Penggemukan Kambing dengan Viterna Plus Nasa ini, tentunya anda ingin mendapatkan produknya. Dapatkan segera produk ini hanya di Distributor Resmi PT Natural Nusantara Yogyakarta.

Rita Christiana/Ahmad Arrofiqi
Nomor ID distributor : N-399757

Telp/WA
082226168010

DISTRIBUTOR RESMI PT NATURAL NUSANTARA (NASA) YOGYAKARTA N-399757

Artikel terkait:
Produk Kesehatan Nasa
Produk Perawatan Tubuh Nasa
Harga Produk Nasa
Cara Menjadi Distributor Nasa


0 Response to "Harga Viterna Plus dan Cara serta Waktu Pemberian Pakan Fermentasi Pada Kambing / Domba yang Tepat"

Posting Komentar