DISTRIBUTOR RESMI PRODUK NASA JOGJA

Viterna Plus untuk Ayam Petelur, Harga, Dosis dan Cara Penggunaan [Aplikasi] Produk Vitamin Ternak Nasa

Cara Penggunaan [Aplikasi] Viterna Plus dan POC Nasa untuk Ayam Petelur

Viterna plus untuk ayam petelur

Viterna Plus untuk Ayam Petelur, Harga, Dosis dan Cara Penggunaan [Aplikasi] Produk Vitamin Ternak Nasa - Telur ayam menjadi komoditas yang paling laku di pasaran. Telur ayam menjadi salah satu sumber protein dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Bahan makanan ini baik dikonsumsi setiap hari. Memasak telur ayam juga sangat praktis, tinggal digoreng atau direbus saja, telur sudah bisa dimakan. Selain dikonsumsi sebagai lauk atau pendamping makanan, telur ayam juga menjadi bahan utama untuk membuat kue.

Tingginya permintaan telur ayam bisa dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis. Beternak ayam petelur menjadi salah satu bisnis yang memiliki prospek yang cerah. Apakah Anda sedang berencana untuk memulai bisnis ini? Jika iya, simak ulasan menarik mengenai tips mudah usaha ternak ayam petelur berikut ini.

Tips Usaha Ternak Ayam Petelur

Pemilihan Lokasi Kandang Ayam

Hal pertama yang akan dibahas terkait ternak ayam petelur adalah tentang pemilihan lokasi untuk kandang ayam petelur. Untuk memilih lokasi kandang ayam, sebaiknya tidak di tengah-tengah perkampungan warga. Bagaimanapun, pada umumnya kandang ayam ternak menghasilkan bau yang cukup menyengat.

Bau ini berasal dari kotoran ayam maupun dari ayam itu sendiri. Jika lokasi kandang berada dekat dengan perkampungan warga, siap-siap saja Anda menerima protes dari tetangga-tetangga Anda. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah lokasi kandang ayam yang agak jauh dari perkampungan warga.

Selain karena baunya yang menyengat, alasan lain mengapa harus memilih lokasi kandang yang jauh dari permukiman warga adalah karena karakteristik ayam petelur yang mudah sekali stress. Pada umumnya, ayam petelur sangat sensitif dengan suara keributan.

Ayam petelur lebih mudah kaget dan stress. Ketika stress, produksi telurnya pun akan menurun. Oleh karena itu, sekali lagi ditekankan di sini bahwa Anda sebaiknya memilih lokasi kandang ayam yang jauh dari permukiman.

Memilih Bibit Unggul

Dengan memilih bibit ayam petelur yang unggul maka telur yang dihasilkan berkualitas baik dengan ukuran besar. Sebaliknya jika bibit ayam berkualitas buruk maka telur yang dihasilkan kecil kecil dan tak berkualitas baik. Oleh sebab itu, pastikan indukan atau bibit ayam petelur dari jenis unggul.

Perawatan

Untuk perawatan ayam petelur harus diperhatikan dengan baik. Peliharalah ayam petelur secara baik dan benar serta pemberian pakan berkualitas baik supaya telur yang dihasilkan berkualitas bagus dan bentuknya besar besar.

Kebersihan Kandang Ayam Terjamin

Kandang ayam dipastikan selalu dalam keadaan bersih dan harus dibersihkan secara rutin. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit pada ayam. Karena ayam petelur rentan sakit jika kandang ayam dalam keadaan kotor. Hal ini dialami oleh penulis yang memelihara ayam pada satu kandang bersih dan kandang kotor. Dengan kandang bersih, ayam hidup sehat. Sedangkan ayam yang hidup dalam kandang kotor mengalami sakit hingga mati.

Selain itu dengan adanya jaminan kebersihan kandang akan membuat ayam mampu memproduksi telur yang berkualitas bagus. Cara merawat ayam petelur sama halnya manusia. Jika bertempat tinggal dalam rumah yang kotor membuat kita tak nyaman. Begitupula pada ayam ayam. Mereka ingin hidup dalam rumah yang bersih, aman dan nyaman.

Oleh sebab itu, anda harus memastikan kebersihan kandang ayam beserta wadah makan dan minum. Untuk membersihkan kandang ayam sangat mudah. Dengan cara membersihkannya menggunakan media air. Kebersihan kandang harus dijaga untuk mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Pakan Ayam Petelur

Faktor lainnya yang penting agar budidaya ayam petelur cepat sukses adalah pemberian pakan ayam haruslah pakan berkualitas baik dan dalam jumlah besar. Sehingga telor yang dihasilkan mempunyai kualitas baik dan dalam jumlah banyak. Seperti teori bijak mengatakan apa yang anda makan adalah apa yang anda hasilkan. Oleh karena itu, jika ayam petelur ingin menghasilkan telur yang bagus maka pakan ayam perlu diperhatikan dan memastikan dalam kondisi bagus dan dalam jumlah cukup banyak.

Pemberian pakan berkualitas baik bagi ayam petelur bisa dilakukan tiga kali dalam satu hari. Berikan air untuk minum ayam. Pakan ayam berkualitas bagi ayam petelur bisa dibuat dari campuran tepung ikan, sentrat, jagung yang telah dihaluskan, dan bahan pakan campuran lainnya. Anda bisa membeli pakan ayam petelur di toko pakan ternak terdekat.

Tentu anda membutuhkan biaya yang cukup besar untuk membeli pakan ayam petelur. Namun jika modal anda terbatas maka untuk menghemat pengeluaran biaya pakan, anda bisa membuat sendiri pakan ayam petelur dengan menggiling jagung sendiri oleh mesin giling jagung. Kemudian mencampurkan dengan bahan campuran lainnya.

Pemberian pakan ayam bagi ayam petelur janganlah terlalu banyak dan jangan terlalu kurang. Tapi dalam porsi dan takaran yang memadai. Apabila pemberian pakan bagi ayam petelur dalam jumlah terlalu banyak maka akan mengakibatkan sedikit keuntungan yang diperoleh dari usaha budidaya ayam petelur. Dan jika diberikan pakan sedikit maka kualitas telor yang dihasilkan kurang baik. Jadi sama seperti manusia pastikan ayam petelur diberikan pakan ayam sesuai takaran dan pas sesuai jumlah ayam.

Selain memberikan pakan secara teratur, ayam petelur harus diberi vitamin dan nutrisi supaya ayam petelur senantiasa dalam kondisi sehat bugar untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Pemeliharaan dan perawatan serta pemberian pakan ayam petelur harus telaten. Secara berkala anda harus mengecek kesehatan ayam petelur satu persatu dan memastikan dalam kondisi sehat.

Pemberian Pakan pada Ayam Petelur

Untuk pemberian pakan ayam petelur ada 2 (dua) fase yaitu fase starter (umur 0-4 minggu) dan fase finisher (umur 4-6 minggu).

Fase Starter

Kualitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 22-24% , lemak 2,5%, serat kasar 4%, Kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, Me 2800-3500 Kcal.

Kuantitas pakan terbagi/digolongkan menjadi 4 (empat) golongan yaitu minggu pertama (umur 1-7 hari) 17 gram/hari/ekor; minggu kedua (umur 8-14 hari) 43 gram/hari/ekor; minggu ke-3 (umur 15-21 hari) 66 gram/hari/ekor dan minggu ke-4 (umur 22-29 hari) 91 gram/hari/ekor. Jadi jumlah pakan yang dibutuhkan tiap ekor sampai pada 4 minggu sebesar 1.520 gram.


Fase Finisher

Kualitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 18,1-21,2%; lemak 2,5%; serat kasar 4,5%; kalsium (Ca) 1%; Phospor (P) 0,7-0,9% dan energi (ME) 2900-3400 Kcal.

Kuantitas pakan terbagi/digolongkan dalam empat golongan umum yaitu: minggu ke-5 (umur 30-36 hari) 111 gram/hari/ekor; minggu ke-6 (umur 37-43 hari) 129 gram/hari/ekor; minggu ke-7 (umur 44-50 hari) 146 gram/hari/ekor dan minggu ke-8 (umur 51-57 hari) 161 gram/hari/ekor. Jadi total jumlah pakan per ekor pada umur 30-57 hari adalah 3.829 gram.

Pemberian Minum 

Pemberian minum yang didiberi Viterna Plus dan POC Nasa disesuaikan dengan umur ayam, dalam hal ini dikelompokkan dalam 2 (dua) fase yaitu:

Fase starter 

(umur 1-29 hari) kebutuhan air minum terbagi lagi pada masing-masing minggu, yaitu minggu ke-1 (1-7 hari) 1,8 liter/hari/100 ekor; minggu ke-2 (8-14 hari) 3,1 litter/hari/100 ekor; minggu ke-3 (15-21) 4,5 liter/hari/100 ekor dan minggu ke-4 (22-29 hari) 7,7 liter/hari/ekor. Jadi jumlah air minum yang dibutuhkan sampai umur 4 minggu adalah sebanyak 122,6 litter/100 ekor. Pemberian air minum pada hari pertama hendaknya diberi tambahan gula dan obat anti stres ke dalam air minumnya. Banyaknya gula yang diberikan adalah 50 gram/liter air.


Fase finisher 

(umur 30-57 hari), terkelompok dalam masing-masing minggu yaitu minggu ke-5 (30-36 hari) 9,5 liter/hari/100 ekor; minggu ke-6 (37-43 hari) 10,9 liter/hari/100 ekor minggu ke-7 (44-50 hari) 12,7 liter/hari/100 ekor dan minggu ke-8 (51-57 hari) 14,1 liter/hari/ekor. Jadi total air minum 30-57 hari sebanyak 333,4 liter/hari/ekor.

Waktu Pemberian Pakan dan Pemeliharaan

Diperlukan strategi yang tepat pada pemberian pakan ayam ras petelur agar menjadi efesien, strategi tersebut antaranya:

Perhitungan jenis pakan ini merupakan upaya meningkatkan kualitas ayam, karena ayam ras petelur sangat tergantung terhadap jenis pakan yang diberikan. Menurut pengalaman beberapa peternak membuktikan bahwa pakan ternak dari pabrik tertentu memberi efek yang cukup baik. Sehingga langkah yang paling mudah dan efisien adalah memelihara jenis strain tertentu dengan pemberian jenis pakan dari pabrik yang juga memproduksi DOC-nya. Selain itu, perbedaan tipe ayam petelur juga sangat berpengaruh pada perhitungan jenis dan konsumsi pakan, ayam petelur tipe ringan (ayam petelur putih) dari galur murni with leghorn mengonsumsi pakan relative lebih sedikit dari pada ayam petelur tipe medium (ayam petelur coklat).

Pembelian Pakan

Dalam pembelian pakan, yang sering diperhitungkan oleh peternak adalah pertimbangan masalah harga pakan. Selisih sedikit saja, peternak bisa berganti merek. Penyebabnya adalah besarnya biaya yang tersedot pada penyediaan pakan tersebut. Padahal, mahalnya harga pakan bukanlah faktor terpenting. Yang terpenting adalah mutu pakan (Feed Quality). Akan menjadi lebih buruk lagi jika pakan yang harganya relative murah tersebut ternyata banyak mengandung zat-zat racun makanan (Feed Toxin). Bahkan pemberian pakan dengan kualitas lebih rendah dari standar pada periode starter bisa mengakibatkan laju pertumbuhannya terhambat dan akan berujung pada pencapaian berat yang lebih rendah dari perkiraan.

Pergantian Pakan

Pada ayam ras petelur pergantian pakan pada tiap masa pertumbuhan mutlak dilakukan, hal ini terkait dengan kebutuhan nutrisi dan energi yang berbeda pada tiap periode. Selain itu, pergantian pakan bermanfaat pada penghematan dan efisiensi pakan. Selain itu, pergantian pakan pada tiap masa (setiap periode) starter ke pada periode grower sebaiknya dilakukan secara bertahap untuk mengurangi stres pada ayam.

Pemisahan Tempat Pakan

Selama periode grower (masa pertumbuhan), pakan untuk ayam jantan dan ayam betina sebaiknya dipisahkan. Tempat pakan untuk ayam betina diberi grill, sedangkan untuk ayam jantan digunakan tempat pakan tabung yang digantung lebih tinggi. Manfaat pemberian grill dalam tempat pakan ayam betina, penggunaan pakannya lebih efisien karena pakan yang terbuang akibat cara makan ayam yang tidak beraturan dapat dikurangi. Dari beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan grill dapat meningkatkan efisiensi pakan hingga 15%.

Lampu Penerangan

Agar ayam mudah menemukan tempat pakan, terutama pada kandang postal (periode starter sampai grower) sebaiknya di dalam kandang diberi lampu penerangan. Hal ini berguna pula terhadap kemungkinan ayam menginjak-injak dan menghamburkan pakan karena dalam situasi gelap. Selain itu, penerangan atau cahaya mempunyai peranan tidak langsung dalam membantu pendewasaan kantong benih telur ayam dara dan juga dalam pembentukan telur pada ayam yang sedang berproduksi.

Pemotongan Paruh

Untuk mengurangi dan mencegah terbuangnya pakan karena dikais-kais dengan paruh, maka sebaiknya paruh ayam dipotong pada saat ayam masih berumur muda atau pada ayam breeder berumur 7-20 hari Setelah dilakukan pemotongan, pemberian pakan harus lebih tebal sehingga ketika ayam mematuk pakan paruh tidak mudah terbentuk dasar tempat pakan. Hal ini mencegah pendarahan pada paruh yang baru dipotong.

Menyusun Ransum Sendiri

Para peternak yang sudah berpengalaman (memiliki dasar-dasar pengetahuan mengenai bahan pakan) sebaiknya dapat menyusun sendiri ransum untuk ayam ras petelurnya. Tujuannya adalah agar biaya pakan dapat dihemat, sehingga keuntungan yang akan diperoleh juga meningkat. Selain itu, dengan menyusun ransum sendiri, peternak dapat menentukan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam penyusunan dan lebih efisien karena bahan-bahan pakan cukup tersedia dilingkungan tempat tinggal kita.

Penggunaan Pakan Tambahan

Pakan tambahan (Feed suplement) diberikan dengan tujuan untuk mempercepat pertumbuhan, mempertahankan atau meningkatkan produksi dan dapat menjaga kesehatan ayam. Pemberian pakan tambahan dapat berupa vitamin saja, campuran vitamin dan mineral serta dapat juga campuran antara vitamin, mineral dan anti biotik. Akan tetapi, sebaiknya pakan tambahan yang berupa antibiotik tidak dilakukan secara terus-menerus. Karena antibitok dapat menimbulkan kekebalan.

Baca:
Viterna Plus untuk Bebek Petelur

Adapun tips mengoptimalkan pakan ayam

  • Pakan diberikan secara kontinu baik pagi, siang dan malam. Jangan memberi pakan sekaligus (serempak) untuk kebutuhan sehari ayam, karena selain tidak efies juga boros.
  • Dalam pemberian pakan, lakukan sesuai prosedur dan anjurkan yang ada.
  • Hindari pemberian jenis pakan yang berubah-ubah, karena dapat berakibat pada penurunan produksi telur.
  • Jaga kualitas pakan, terutama kadar proteinnya, dengan cara: Menyimpan pakan ditempat yang kering dan telah disediakan, Tidak menyimpan pakan lebih dari dua minggu serta Kemas pakan sedemikian rupa agar terhindar dari gangguan mikroorganisme pengganggu seperti cendawan.
  • Lakukan pembuangan pakan dan pembersihan tempat pakan, jika pakan telah terkontaminasi cendawan, karena dapat menyebabkan keracunan pada ayam.

viterna plus cair untuk ayam petelur

Cara Pemakaian Viterna Plus, POC NASA untuk ayam petelur

Cara menggunakan Viterna Plus dan POC Nasa yaitu 2 produk tersebut dicampur menjadi 1 larutan terlebih dahulu.

Dosis Viterna Plus dan Poc Nasa Untuk ayam ras petelur

1 tutup botol campuran 2 produk tersebut, di campur pada pakan basah/komboran sebanyak 10-15kg pakan. atau 1 tutup campuran 2 produk tersebut di campurkan air 10 liter.

Waktu pemberian Produk Nasa

Produk Nasa Viterna Plus untuk unggas dan POC Nasa diberikan 3 hari sekali, pagi atau sore.

Manfaat Viterna Plus dan poc nasa pada ayam ras petelur

  • Berasal dari bahan bahan alami/organik, bukan dari bahan bahan kimia sintetik.
  • Mampu menggantikan pemberian vitamin dan mineral kimia sintetik.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Mengurangi kestresan pada ayam, baik pada saat masuk kandang pertama kali, atau setelah divaksinasi serta pada saat pengobatan.
  • Meningkatkan produksi telur 40-50 % perharinya, dibandingkan yang tidak menggunakan produk nasa pada masa berproduksi telur.
  • Menekan tajam angka kematian.
  • Mengurangi bau kotoran.
  • Meningkatkan kesehatan ayam.

Setelah membaca artikel mengenai Viterna Plus untuk Ayam Petelur Nasa ini, tentunya anda ingin mendapatkan produknya. Dapatkan segera produk ini hanya di Distributor Resmi PT Natural Nusantara Yogyakarta.


Rita Christiana/Ahmad Arrofiqi
Nomor ID distributor : N-399757

Telp/WA
082226168010

DISTRIBUTOR RESMI NASA YOGYAKARTA N-399757

Artikel terkait:
Produk Kesehatan Nasa
Produk Perawatan Tubuh Nasa
Harga Produk Nasa
Cara Menjadi Distributor Nasa


1 Response to "Viterna Plus untuk Ayam Petelur, Harga, Dosis dan Cara Penggunaan [Aplikasi] Produk Vitamin Ternak Nasa "